Kegiatan senam pagi bersama setiap hari Sabtu menjadi salah satu kegiatan rutin di lingkungan Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini di ikuti seluruh jajaran staf Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan. Senam kebugaran tersebut menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. 

        Kebugaran jasmani adalah salah satu kunci utama bagi siapa pun untuk dapat melakukan aktivitas dengan baik dan lancar. Seiring dengan bertambahnya usia, upaya menjaga tubuh tetap bugar dengan olahraga mesti tepat agar tujuan tercapai. kebugaran tubuh ditandai dengan cukupnya energi dan kekuatan fisik untuk menyelesaikan pekerjaan. Menjaga tubuh tetap bugar bisa membantu mendapatkan kualitas hidup lebih baik dan umur lebih panjang serta menurunkan risiko masalah kesehatan.

     Kepala Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan menyampaikan, melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat tercapainya derajat kesehatan seluruh staf sehingga dapat memberikan pelayanan dengan baik. “Maka dari itu kita agendakan secara rutin setiap hari Sabtu untuk seluruh jajaran staf mengikuti senam bersama ini,” kata Kepala Puskesmas.

       Seperti diketahui Senam pagi bermanfaat menjaga metabolisme tubuh agar terhindar dari penyakit dan menjaga kesegaran jasmani maupun rohani, manfaat kesehatan yang didapatkan bukan hanya secara fisik, tapi juga jiwa.  Dengan dilaksanakannya kegiatan rutin tersebut, diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh seluruh pegawai Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan, agar tetap fit dan bugar serta dapat melaksanakan kegiatan bekerja memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan secara optimal.

      Selain untuk memperoleh kebugaran jasmani, kegiatan Senam tersebut juga dimanfaatkan sebagai sarana ber-silaturahmi antar pimpinan dan pegawai dan antar sesama pegawai di lingkungan Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan