Pada Jumat, 5 Mei 2023 Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan melaksanakan kegiatan rutin Prolanis (program pengelolaan penyakit kronis).yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

        PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

       Kegiatan Prolanis berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Anggota Prolanis yang hadir sebelumnya sudah mendapat undangan dari koordinator Prolanis Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan. Kegiatan dimulai dengan senam lansia, selanjutnya ada penyuluhan kesehatan dari petugas ke anggota Prolanis. Tema penyuluhan kali ini yaitu tentang Aktivitas Fisik Bagi Kebugaran Dan Kesehatan Lansia. Setelah penyuluhan selesai kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dan cek Laboratorium.

         Kegiatan ini Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

          Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan.