BUARAN – Pada Hari Jumat (27/10/2023) bertempat di Halaman Puskesmas Buaran telah dilaksanakan kegiatan Pengukuran Kebugaran dan Posbindu pada ASN Puskesmas Buaran bersama Lintas Sektor Kecamatan Buaran. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 80 orang. 

Tes Kebugaran adalah elemen dasar untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Melakukan tes kebugaran sangat baik untuk menilai sekaligus meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot. 

Tes Kebugaran juga dapat diartikan sebagai tes daya tahan kardiorespirasi, tes kekuatan dan fleksibilitas otot. Oleh karena itu Tes Kebugaran ini dapat dijadikan faktor yang dapat menentukan derajat kesehatan seseorang.

Tes Kebugaran bagi ASN bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur, dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kebugaran untuk menunjang produktivitas karyawan.

Tes Kebugaran Jasmani dilakukan dengan metode Rockport Test yaitu lari kecil sejauh 1.6 Kilo Meter, metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain mudah dilakukan, tidak memerlukan alat khusus, aman bagi orang dengan resiko penyakit, dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok serta dilakukan sesuai dengan kemampuan.

Manfaat Tes Kebugaran bagi Tubuh:

  1. Dapat digunakan menilai kebugaran seseorang.
  2. Dapat digunakan untuk mencegah atau bahkan mengobati penyakit-penyakit yang menyebabkan kemunduran kesehatan akibat gaya hidup yang tidak sehat dan atau penuaan.
  3. Dapat melatih ketahanan fisik, kardiorespirasi sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.
  4. Mencegah terjadinya Obesitas pada seseorang.

Setelah selesai melakukan Tes Kebugaran Jasmani dengan metode Rockport Test, para peserta diperiksa tekanan darah, serta detak jantungnya oleh  paramedis yang sudah disiagakan.

Salam Sehat,,, !!!